Jelajah
IMG-LOGO

Profil Desa

Create By 29 July 2013 20 Views

Sejarah Desa

Desa Gejagan awalnya merupakan tempat pesanggrahan yang digunakan pada jaman Penjajahan Belanda pada saat itu wilayah tersebut dihuni dari berbagai suku bahkan menurut cerita banyak juga para saudagar yang dari luar indonesia sehingga lambat laun daerah tersebut semakin banyak penghuninya dan konon daerah tersebut digunakan sebagai basis penjagaan dari para pejuang yang dipimpin olih Mbah Jiwo yang tidak diketahui asal usulnya dan hingga saat ini beliau dijadikan Pepunden / Cikal bakal sedangkan asal nama Desa Gejagan Diambil dari kata Penjagaan  dan Kejayaan yang akhirnya olih Mbah Jiwo daerah tersebut diberi nama Gejagan. Dan akhirnya hingga kini menjadi sebuah Desa diwilayah kec. Pakis Kab. Magelang

Profil Wilayah Desa

Desa Gejagan adalah Desa di Kabupaten Magelang terletak 5 Km  sebelah utara dari kec.Pakis. Sebagian besar wilayahnya adalah lahan pertanian, dan terdiri dari 5 Dusun. dengan memiliki batas - batas:

sebelah Utara       : Desa Pucungsari

Sebelah Selatan    : Desa Desa Kajangkoso

Sebelah Barat       : Desa Mangunrejo

Sebelah Timur      : Desa Muneng

 

Profil Masyarakat Desa

Masyarakat Desa Gejagan sebagian besar adalah suku jawa , namun untuk agama dan kepercayaan di Desa Gejagan Mayoritas beragama Islam, Penduduk Desa Gejagan sebagian besar adalah bertani sambil berternak.

 

Profil Potensi Desa

Desa Gejagan adalah Desa di lereng Gunung Merbabu yang tanahnya Subur sehingga sangat cocok untuk lahan pertanian dan peternakan, disamping itu Desa Gejagan juga kaya akan adat istiadat jawa dan seni tradisi yang masih di lestari sampai saat ini sehingga sangat berpotensi untuk pengembangan desa wisata,  hasil bumi yang melimpah sangat potensi juga untuk pengembangan usaha pengolahan hasil pertanian.