IMG-LOGO
Berita Desa

DESA GEJAGAN, BKKBN DAN MAHASISWA KKN IAIN SALATIGA 2020 BERSINERGI MENINGKATKAN KUALITAS LANSIA

Create By 12 February 2020 51 Views
IMG

Pada hari Rabu, 12 Februari 2020 Desa Gejagan bekerjasama dengan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Kabupaten Magelang serta Mahasiswa KKN IAIN Salatiga 2020 melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk masyarakat Desa Gejagan, sosialisasi tersebut mengangkat tema "Pendampingan Pengelolaan dan Pembinaan BKL dan PPKS Melalui Peran KKN Perguruan Tinggi". Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mensosialisasikan program kelanjutusiaan kepada masyarakat Desa Gejagan. Selain itu, BKL (Bina Keluarga Lansia) diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan lansia yang sehat serta bertaqwa kepada Allah SWT

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 200 orang yang terdiri dari Masyarakat Desa Gejagan itu sendiri kemudian ada perwakilan dari BKKBN Kabupaten Magelang serta Mahasiswa dan Dosen IAIN Salatiga. Selain itu dalam acara ini juga dilaksanakan kegiatan serah terima BKL KIT dari pihak BKKBN kepada Masyarakat Desa Gejagan sekaligus dilakukan simulasi penggunaan BKL KIT oleh masyarakat Desa Gejagan yang dibantu oleh Mahasiswa KKN IAIN Salatiga 2020.

Selain itu menjadikan lansia sejahtera baik lahir maupun batin semata mata bukan tugas dan tanggung jawab pemerintah saja melainkan juga tanggung jawab Institusi masyarakat termasuk organisasi sosial, organisasi profesi, akademisi, dan tentunya masyarakat itu sendiri. Upaya meningkatkan kualitas lansia merupakan usaha yang sangat diridhai Allah SWT, oleh karena itu perlu dilakukan komunikasi dan koordinasi agar tercipta sinergi yang baik antara pengelola program kelanjutusiaan dalam rangka peningkatan kualitas lansia dalam keluarga maupun masyarakat.