IMG-LOGO
Berita Desa

Kesenian Tradisional Soreng

Create By 20 August 2019 12 Views
IMG

Desagejagan.magelangkab.go.id (Selasa, 20 Agustus 2019),- Tarian soreng sekarang sedang menjadi buah bibir khalayak ramai setelah tari soreng dari Kabupaten Magelang tampil memukau di Istana Negara dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 (Sabtu, 17 Agustus 2019).

Di Dusun Gejagan sendiri juga tidak mau kalah dengan kampung lain atau Istana Negara yang menampilkan Tari Soreng dalam perayaan Kemerdekaan Indonesia. Dusun Gejagan memiliki Kesenian Tradisional Soreng yang dimainkan oleh para pemuda-pemudi dari Dusun Gejagan sendiri, pada kemaren (Senin, 19 Agustus 2019) Tari Soreng Desa Gejagan tampil di desanya sendiri dalam acara memeriahkan hari Kemedekaan Indonesia yang ke-74.

Kesenian Tradisional Soreng menggambarkan tari prajuritan yang menceritakan Kadipaten Jipang Panulan yang dipimpin oleh Seorang Adipati yang bernama Aryo Penangsang dan Patih Ronggo Metaum beserta prajurit diantaranya Soreng Rono, Soreng Rungkut, dan Soreng Pati.

Bentuk pertunjukkannya termasuk tari kelompok, dengan gerakan yang kompak dan tegas menjadikan kesenian tersebut sangat enak di tonton, sehingga tidak heran kalau masyarakat selalu antusias ketika kesenian tersebut di pentaskan.

Berikut sekilas penggalan video kesenian tradisional soreng dari Dusun Gejagan