IMG-LOGO
Berita Desa

Posyandu Lansia

Create By 18 September 2019 13 Views
IMG

Desagejagan.magelangkab.go.id,- Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Karena menurut mereka balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya. Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Untuk itu, pemerintah Desa Gejagan menyediakan layanan kesehatan bagi lansia berupa posyandu lansia untuk memperhatikan  status kesehatan para lansia di Desa Gejagan.

Kegiatan Posyandu Lansia dilaksanakan di Posyandu Desa Gejagan setiap hari Rabu pada Minggu ke-3 disetiap bulannya. Dalam pelaksanaan posyandu lansia ini dimotori oleh para Kader Posyandu Lansia dibantu oleh Bidan Desa dan ketua TP-PKK Desa Gejagan.  Peserta posyandu lansia termasuk kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun), kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas), dan kelompok usia lanjut dengan risiko tinggi (70 tahun ke atas).

Tujuan posyandu lansia adalah untuk meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik dan psikologis. Dalam pelaksanaan posyandu lansia tersebut, para lansia dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan tambahan.

Kelompok usia lansia merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan. Kebanyakan dari mereka secara tidak sadar, tidak mampu memenuhi sendiri kebutuhan akan kesehatannya. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki orangtua maupun kakek/nenek, ataupun lansia di sekitar tempat tinggal Anda, hendaknya mengajak atau menghimbau mereka agar mau datang ke posyandu lansia setiap bulan. Dengan demikian, status kesehatan mereka dapat terpantau.